Selasa, 28 Februari 2012

Ya Allah ku rindu pada-Mu (Hati yang mudah sekali ternodai)

Demi malam apabila menutupi (cahaya siang)
Demi siang apabila terang benderang
Demi penciptaan laki-laki dan perempuan
Sungguh usahamu memang beraneka macam
Maka barang  siapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa,
dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga)
Maka akan kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan)


Jika ada neraca yang mampu mengukur seberapa besar rinduku pada-Mu itulah hatiku. Ya, bongkahan bernama hati ini menangis ketika merasa semakin berjalan menjauh. Sebongkah hati ini bicara kerinduan yang menusuk kedalam relung fuadku. Ya Allah kurindu pada-Mu...

Cinta yang sesungguhnya hanyalah milik-Mu, tak ada yang lain, tetapi ketika tiba-tiba hati ini merapuh siapakah yang harus aku salahkan? diriku? hatiku? sungguh aku takut ketika aku mulai menjauh setapak-dua tapak, ketika aku mulai jarang menyapa-Mu. Maafkan aku Ya الله.

Betapa sulit memenej hati agar selalu terpaut pada-Mu dan berjalan pada kebaikan. seringkali hati ini bermasalah, entah apapun itu ada saja hal yang membuat hati ini terkotori. kenapa hal ini bisa sampai terjadi? kenapa hati kita bisa sampai ternodai? tentu karena hati kita tidak di menej dengan ketaqwaan.
setengah dari diri kita (khususnya remaja) adalah hati kita. kalu hati itu diberi 'pengendali', ia akan bergerak teratur. bila ia beraktivitas secara teratur, maka ia akan melahirkan perilaku yang tertata, ucapan dan kata-kata yang santun dan bermakna.

Nabi mengingatkan kepada kita
  • jauhilah perbuatan haram, niscaya engkau menjadi paling ahli beribadah
  • puaslah dengan rezeqi yang dibagikan oleh Allah, niscaya engkau menjadi orang terkaya
  • berbuat baiklah kepada tetangga, niscaya engkau mukmin sejati
  • cintailah untuk menjadi milik orang lain apa saja yang engkau cintai untuk menjadi milikmu, niscaya engkau menjadi muslim sejati
Hati harus dijaga dari hal yang haram, sehingga tak cenderung menyuruh kepada pemiliknya untuk berbuat haram. Bila hati penuh maksiat maka ia akan melahirkan hal yang maksiat. jika kita terus memelihara dan memupuk hal yang menimbulkan maksiat tentu yang akan kita tuai adalah kemaksiatan. kehadiran rasa yang tidak wajar sebaiknya hadapilah dengan sewajar-wajarnya jangan biarkan hal tersebut tumbuh subur karena akan menumbuhkan sesuatu yang tidak baik.
Hati harus dijaga untuk senantiasa puas dengan karunia yang ada, ridha menghadapi segala takdir yang telah tercipta. Bila hati senang segala hal indah dirasa.
Perbanyak berbuat baik kepada oang lain. kebaikan kepada orang lain pada hakikatnya adalah kebaikan untuk diri kita sendiri.
Cintailah sesama. 'Cintailah makhluk Allah yang ada di bumi, niscaya Allah yang di langit sana akan mencintaimu sekalian'

Hati yang sehat adalah hati yang selamat dari 'siksa' Allah. yaitu hati yang terbebas dari segala ikatan syahwat. Hati yang selalu pasrah kepada Allah. Hati yang sehat adalah hati yang terbebas dari ikatan selain Allah. ikatan yang merusak jaringan hati ikatan yang tak suci.

Nha jika hati sehat, pikiran juga akan sehat. ucapan dan perilaku kita pun akan ngikut sehat. memang hati adalah sesuatu yang sangat sensitif dan mudah ternoda. tetapi hal itu tak akan terjadi jika kita mempu melindunginya dari hal-hal yang membuatnya ternoda.

Setiap jiwa pasti memiliki rasa takut akan hati yang mudah ternoda. oleh syahwat, oleh ikatan yang tak suci, oleh ucapan kasar, oleh segala hal yang membawa kita pada jarak yang semakin jauh dengan Allah.

Ya Allah kurindu pada-Mu bukalah pintu kkaruniamu, Ya Allah ampunilah hambba yang hina, lemah, penuh dosa.. aku tahu hati ini memang masih sangat kotor. tetapi aku juga tahu Kau selelu membuka kesempatan begitu lebar untukku membersihkannya walau sedikit demi sedikit.
Hati ini masih sangat mudah ternoda, berikanlah kekuatan untuk membentenginya. agar pertahanan ini semakin kuan Ya Allah.
-Ampuni dosa-dosaku Ya Rabb, astaghfirullah-
sumber : majalah elfata dengan banyak perubahan oleh Jejak Allamanda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alamanda Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template